POTRET MOBIL PEMADAM KEBAKARAN ZAMAN HINDIA BELANDA - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

POTRET MOBIL PEMADAM KEBAKARAN ZAMAN HINDIA BELANDA

 

alat pemadam kebakaran mobil


Tampak pada foto diatas para petugas damkar Hindia Belanda tengah mengoperasikan mobil pemadam kebaran. Foto sekitar tahun 1930. 


PASTI kita akan kepo atau bertanya-tanya apakah di zaman Hindia-Belanda (Nederlandsch-Indië), sudah tersedia mobil pemadam kebakaran? Jawabannya adalah pada era pemerintahan Belanda sudah menyediakan kendaraan roda empat pemadam kebakaran. Mobil damkar pada masa itu boleh dibilang tidaklah secanggih sekarang. Pada masa kini, dengan berkembangnya teknologi otomotif, membuat kemajuan pesat dibidang teknologi mobil pemadam kebakaran terbilang canggih. 


MOBIL PEMADAM KEBARAN

Update teknologi kian berkembang. Misalnya, damkar moderen terdiri dari beragam jenis damkar sesuai fungsinya seperti Pump Truck, Fire Ladder, Light Fire Tender, Mining Field Fire service, Airport Crash Tender, Truck Rescue, Forestry dan macam-macam jenisnya yang dikembangkan hampir diseluruh dunia. Mobil damkar pada zaman Belanda disebut "Brandweer" dan jauh berbeda dengan mobil damkar abad-ke 21 baik dari segi teknologi-nya maupun sistem kerjanya. 


Beberapa kota-kota berkembang di Batavia (Jakarta) sudah terdapat mobil pemadam kebakaran yang siap melayani masyarakat. Dan, sebenarnya alat pemadam kebakaran (brandweer) ini sudah direncanakan sejak awal tahun 1800-an. Namun, tidak mengalami kemajuan yang berarti, hingga pertengahan tahun 1800-an, mulai dibentuknya petugas pemadam api. Dan hingga memasuki tahun 1900-an, peningkatan tentang pentingnya alat pemadam kebakaran terus meningkat tajam.   Selain di Batavia (1873), di Surabaya departemen "De Brandweer" ini sudah didirikan sekitar tahun 1810. Pada 1930-an, model-model terbaru yang dikembangkan di kirim ke Batavia kala itu. 

petugas pemadam kebaran indonesia tempo dulu

Selain mobil pemadam kebakaran, para petugas pemadam api juga dilengkapi dengan APD yang cukup canggih pada masa itu. Seperti terlihat pada foto diatas, tampak petugas pemadam kebakaran menggunakan alat pelindung diri yakni pakaian pelindung lengkap dengan masker gas. 


Referensi : 
Kent het gevaar!, 1938
Jaarboek van Batavia en omstreken, 1927

Post a Comment for "POTRET MOBIL PEMADAM KEBAKARAN ZAMAN HINDIA BELANDA"