MOBIL AMBULANCE ZAMAN HINDIA BELANDA - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MOBIL AMBULANCE ZAMAN HINDIA BELANDA

 

mobil ambulans

Salah satu sarana rumah sakit yang tak kalah penting adalah mobil ambulance (ambulans). Mobil ambulance biasanya digunakan untuk mengantar pasien yang sedang kristis, maupun jenazah atau orang yang meninggal  maupun keperluan rumah sakit lainnya. Tentu, sarana ini sangatlah penting dalam kehidupan manusia khusus mereka yang mengalami masalah serius mengenai kesehatan.  

Pada masa Hindia-Belanda (sebelum Indonesia).  Pemerintahan Belanda menyediakan kebutuhan akan mobil ambulans yang digunakan dalam situasi darurat. 

Pada potret di atas tampak mobil ambulance jadul dengan lambang palang merah. Sopir atau tenaga kesehatan sudah dipersiapkan dalam mengoperasikan mobil darurat tersebut. Tampak pada foto dibawah ini, kru yang bertugas untuk membawa mobil ambulans. 

kru ambulance
Personel dan transportasi Pelayanan Kesehatan Kota, 192-30-an


Karena mobil ambulance merupakan mobil yang dikhususkan untuk orang sakit maka peralatan medis selalu disiapkan di dalamnya. Pada negara-negara berkembang, mobil ambulance dilengkapi dengan berbagai fasilitas medis yang mumpuni.  Sejarah transportasi medis sebenarnya telah ada selama berbad-abad lamanya di dunia. Konon, transporasi mula-mula menggunakan tenaga binatang sebagai tenaga pendorong gerobak kayu. Bahkan binatang menjadi serana mula-mula untuk membawa seseorang yang tengah sekarat ke dukun untuk diobati. 

Dalam perkembangannya, transportasi ini semakin meningkat seiring perkembangan teknologi. Mobil ambulance ada di masa hindia belanda, setidaknya sudah ada sejak abad 19 dan abad 20.  

Post a Comment for "MOBIL AMBULANCE ZAMAN HINDIA BELANDA"