Kutu dalam Bahasa Biak - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kutu dalam Bahasa Biak

kutu bahasa biak

KUTU dalam bahasa Biak disebut UK. Kutu telur disebut Indenes. Kutu anak atau kutu yang ukurannya kecil disebut Inggeremus dalam dialek Bosnik. Dialek lain menyebutnya "Ngarmus, Ukarmus, Mgarmois". Ketombe dalam bahasa Biak disebut Irew.  Dalam bahasa ilmiah kutu masuk dalam ordo Phthiraptera. 

Kemungkinan istilah "uk" ini berasal dari bahasa Oceanik Purba dan Polinesia Purba "kutu" yang cukup dekat dengan istilah "Rutu" dalam bahasa Windesi (Wondama). Bahasa Biak menggunakan kependekatan dari kata "uk ('ut). Proses perubahan bunyi dari Kutu ('ut') menjadi uk (perubahan fonem t menjadi kmemiliki kesamaan dengan kata "Mata" menjadi "Maka/M'ka" dalam bahasa Biak.    

Masalah ketombe atau kutu menjadi problem dalam kehidupan masyarakat di masa lampau. Seringkali membuat masyarakat tradisional memanfaatkan ramuan herbal tradisional untuk menghilangkan rambut kepala mereka dari kutu.  Mereka juga membuat alat sisir dari kayu, bambu yang dalam bahasa Biak disebut Anyaf. Anyaf memiliki bentuk yang sedikit berbeda dari Asis. 

Post a Comment for "Kutu dalam Bahasa Biak"