John C. Potter Pemilik Sepeda Motor Pertama di Nusantara - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

John C. Potter Pemilik Sepeda Motor Pertama di Nusantara

 

motor pertama di indonesia
Foto John dan Motor pertamanya, 1893


SOSOK pemilik sepeda motor pertama di Indonesia ternyata bernama John C. Potter. Pria berkembangsaan Inggris ini, telah lintang melintang di dunia mekanik otomotif bahkan hijrah ke Nusantara dan bekerja di sana. Potter bekerja sebagai mekanik di Pabrik Gula "Oemboel" pada akhir 1800-an. 

Selama di Hindia-Belanda (sekarang Indonesia), Potter menghabiskan hidupnya sebagai mekanik dan turut dalam bisnis otomotif. John bahkan memesan sepeda motor ke pabrik di Muenchen, Jerman bernama Hildebrand und Wolfmüller.

motor pertama di Indonesia

Industri otomotif mulai meningkat pesat di Eropa. Jerman menghadirkan pabrik industri motor pertama di dunia. Konon, pada 1885, Gottileb Daimler dan Wilhelm Maybach, memproduksi sepeda motor namun dikala itu belum dipasarkan secara umum. Tahun-tahun belakangan produsen Jerman mulai menjual motor buatan mereka.   

Pada tahun 1893, sepeda motor buatan Eropa pertama masuk di Hindia Belanda. Kendaraan bermotor dikendarai pertama kali oleh Potter dan dia satu-satunya  yang meresmikan jalan raya dengan motornya. Pasti dikala itu masyarakat akan terheran-heran melihat bagaimana seorang pria Eropa melaju dengan kencang di jalan raya.

Post a Comment for " John C. Potter Pemilik Sepeda Motor Pertama di Nusantara"