Cara Orang Papua Mengetahui Jenis Kelamin Seorang Bayi dalam Kandungan - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Orang Papua Mengetahui Jenis Kelamin Seorang Bayi dalam Kandungan

USG Suku Biak
Lukisan Proses Persalinan dalam ornamen orang Saireri Papua

Pada masa kini, banyak metode untuk mengetahui seorang bayi dalam kandungan seorang ibu apakah perempuan atau laki-laki salah satu cara adalah dengan melakukan pemeriksaan USG. USG adalah proses pemeriksaan yang disebut Ultrasonografi yakni pemeriksaan gelombang suara frekuensi tinggi, dan akhirnya bisa menampilkan gambar organ tubuh manusia. Dalam dunia medis USG merupakan salah satu teknik atua cara untuk melakukan berbagai prosedur pemeriksaan kesehatan dan memeriksa kehamilan. 

Konon, di masa lampau tidak ada alat teknologi canggih untuk mendeteksi kehamilan. Sehingga bagi masyarakat kuno, mereka menggunakan berbagai metode-metode tradisional untuk mengetahui kehidupan dari janin sampai pada bayi. Pada bagian ini, kita akan soroti mengenai teknik yang dilakukan oleh masyarakat Papua yang hidup di wilayah pesisir. 

Bagaimana cara orang Papua di masa lampau mengetahui bayi mereka selama masa kehamilan? Orang Papua memiliki cara-cara tradisional khusus dalam memahami kehidupan yang berkaitan dengan kehamilan dan proses janin dalam perut sang ibu. 

Untuk masyarakat Biak Numfor di masa lampau pada khususnya, mereka menggunakan semacam ritual yang mereka sebut "KAKFO IBUI KINSASOR" yakni meramal seorang bayi dalam kandungan apakah ia laki-laki atau perempuan dengan cara memanah buah kelapa atau orang menyemburkan air ke perut wanita. Apabila tak mengena buah kelapa maka merupakan petunjuk bahwa anak itu adalah anak laki-laki. 

Selain ritual, masyarakat Biak dan khususnya pada keret-keret tertentu mereka memiliki undam. Undam adalah sejenis daun-daun tertentu yang berfungsi sebagai herbal untuk menyembuhkan, dan membantu proses pemulihatan kesehatan.  Ada yang menggunakan jenis daun tertentu yang memberikan khasiat tertentu sehingga bisa membantu suami istri untuk cepat punya anak. 

Post a Comment for "Cara Orang Papua Mengetahui Jenis Kelamin Seorang Bayi dalam Kandungan"