MUASAL KATA "ANDE" DALAM MELAYU PAPUA - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MUASAL KATA "ANDE" DALAM MELAYU PAPUA

kamus melayu papua


Di Papua ada salah satu kata yang digunakan dalam bahasa Melayu Papua (Melpap) yakni kata/istilah "ANDE(ANDEH)". Kata ini dalam beberapa lagu-lagu Melayu Papua dapat kita temukan maupun dalam percakapan sehari-hari. Mungkin banyak yang belum tahu darimana asal kata ini. Kita akan telusuri darimanakah kata tersebut berasal.  

Kata ANDE jika ditelusuri, kata ini berasal dari Biak. Dalam bahasa Biak kata tersebut memiliki makna dan arti. Dalam kamus bahasa Numfor-Belanda (1947), dikatakan bahwa ungkapan ande menunjukkan seseorang dalam suasana hati yang menyenangkan, merasa puas, merasa segar, dll.  

Sebagai gambaran, misalnya ada seseorang yang haus, kita memberikannya minuman yang menyegarkan ia akan mengatakan "ande....!".  Secara harfiah kata ini juga bisa berarti enak, sesuatu yang membuat enak tubuh. 

Di Biak, ada beberapa tempat yang dinamakan ANDEI seperti di distrik Biak Utara, dan di pulau Numfor. Kata ini dipopulerkan oleh masyarakat Biak Numfor di tanah Papua. Lambat laun kata ini menjadi populer dan diserap kedalam bahasa Melayu Papua. Ada beberapa kata-kata dalam bahasa Biak yang diserap atau dipakai dalam bahasa Melayu Papua. Seperti kata "amber", "komin", "bo", "Mansar", "Napi", "Insos", "yaswar", "Kombrof", "mura muma", dan lain sebagainya. 

Post a Comment for "MUASAL KATA "ANDE" DALAM MELAYU PAPUA"