Zendeling Frans Johannes Jens di Kampung Manduser - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Zendeling Frans Johannes Jens di Kampung Manduser

Jens Manduser

Dalam laporan Berigten van de Utrechtsche Zendingsvereeniging, 1914, bahwa pada tahun 1911, Frans Johannes Jens (Doreri, 17 April 1889-Jawa, 23 Juli 1943) sudah ditetapkan untuk ditempatkan di pulau Biak di kampung Manduser (Bosnik), tapi pada tahun tersebut, Jens belum juga di sana. Menjelang tahun 1912 barulah Jens untuk pertama kalinya mengunjungi pulau Biak, khususnya Bosnik. Pada September-November 1912, Jens masih tinggal di Manokwari. 

Dua bulan kemudian pada tanggal 19 November F. J. Jens bersama Excursie-detachement, dibawah komando tuan Eland, berangkat dari Manokwari pada 19 November 1912 berlayar menggunakan sekunar “Pioner”. Tanggal 20 November 1912, jam 3 sore Jens tiba di kampung Manduser dan mereka tinggal disebuah rumah yang akan ditempati nanti oleh bestuurs-assistant, yang pada saat itu belum ada. Di kampung Manduser, mereka di antar oleh Sanadi Mambruk Dimara, salah satu kepala kampung di Manduser 1, sebagai pemandu jalan.

Di kampung Manduser, F. J. Jens mengamati salah satu tradisi sunat orang Biak yang masih dilakukan pada saat itu.  Tradisi tersebut dinamakan "Kuk Kbor". Dia pun menuangkan tradisi tersebut melalui tulisannya dalam Bijdragen tot de taal-, land- en volkenkunde van Nederlandsch-IndiĆ«, 1916 (72) [volgno 3]. 

Post a Comment for "Zendeling Frans Johannes Jens di Kampung Manduser"