Lukisan Perempuan Bugis Karya Jan Brandes 1785 - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lukisan Perempuan Bugis Karya Jan Brandes 1785

sumber: picryl.com

Lukisan "Boeginese Vrouw" tahun  1785, Karya Jan Brandes


Sosok pelukis Jan Brandes, lahir pada tahun 1743, dan tutup usia pada tahun 1808, Brandes merupakan seorang Pendeta sekaligus pelukis yang banyak melukis tentang kehidupan sehari-hari orang Nusantara. Pada tahun 1778, dari Belanda dia berangkat menuju Batavia sebagai pendeta Protestan yang bertugas di sana. 

Banyak lukisan-lukisan Jan Brandes di Batavia, ia melukis berbagai pertunjukkan seni, alam dan pasukan-pasukan tentara VOC dan berbagai hal yang ia rasa menarik untuk dilukis. Jan Brandes juga suka akan burung, dia suka berkebun dan terutama darah seni yang mengalir pada dirinya yaitu suka melukis. 

Istri Brandes bernama Truy tidak diketahui truy ini asal muasalnya darimana, yang pasti saat Brandes di Batavia barulah ia menikah dengan Truy. Sayangnya, istrinya meninggal pada tahun 1780 karena diare. Kehidupan Jan Brandes penuh banyak lika liku kehidupan. 

Dia tingga di Batavia tujuh tahun. Dan pada 1785 ia pergi ke Srilanka, di Srilanka ini, dia juga menghabiskan banyak waktunya untuk melukis. Nah, ada sesuatu yang menarik, waktu berada di Srilanka, Jan melukis "Boeginese Vrouw" atau  Perempuan Bugis. Lukisan ini dibuat  pada 10 Oktober 1785. Lukisan karya Jan sudah lebih dari 200 tahun lamanya. Apakah wanita Bugis ini berada di Srilanka pada waktu itu? Tidak diketahui dengan pasti, tapi kemungkinan wanita yang dilukisnya itu dia temui di Srilanka dan melukisnya. Atau bisa jadi, itu wanita yang ia lihat di Batavia, yang kemudian dia lukis. Tidak ada keterangan nama wanita itu, namun tampaknya perempuan Bugis itu pasti berkesan di hati Jan. 

Selain lukisan wanita Bugis ini, Jan Brandes juga melukis Mahkota Raja Bugis, dimana terdapat tulisan atau aksara Bugis berserta keterangan gambar di dalam lukisannya. 


Lukisan orang Bugis dan Mahkota Raja Bugis

Pada tahun belakangan, Jan Brandes kembali ke Eropa, dan ia menetap di Swedia hingga akhir hayatnya pada tahun 1808. Meskipun, Jan Brandes bukanlah pelukis terkenal pada zamannya, namun karyanya patut di perhitungkan sebab karya-karyanya tetap hidup dan menjadi inspirasi bagi para pelukis dan menjadi kebanggaan bagi etnik suku Bugis. 

Orang-orang Bugis sejak lama telah dikenal sebagai pelaut ulung dan memiliki ilmu astronomi yang bisa membawa mereka berlayar ke berbagai tempat. Ada banyak sekali catatan-catatan dari berbagai penulis orang Eropa yang menulis tentang kehidupan orang Bugis (Sulawesi). 

Jan Brandes berhasil mengabadikan wanita bugis di masa lampau dengan karya lukisannya, lukisan itu memperlihatkan keanggunan dan kecantikan wanita bugis. 

Post a Comment for "Lukisan Perempuan Bugis Karya Jan Brandes 1785"