Rumsram: Sekolah Tradisional Zaman Dulu - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumsram: Sekolah Tradisional Zaman Dulu

 RUMSRAM

Rumah Pendidikan Tradisional Suku Biak

rumsram
Rumsram (Abersnoman) Rumah Pemuda Suku Biak, 1920

Peradaban-peradaban bangsa-bangsa kuno di dunia telah menemukan banyak pengetahuan dalam berbagai cabang ilmu yang diketahui di dunia ini. Dalam bidang arsitektur fernakuler atua arsitektur  tradisional hampir setiap suku mengembangkan ilmu pengetahuan ini. 

Orang Biak atau suku bangsa Biak telah mengembangkan teknologi tradisional perancangan rumah. Setidaknya orang Biak mengenal lebih dari 10 jenis rumah bahkan mungkin lebih.  Rumah-rumah tradisional suku Biak dibangun berlandaskan prinsip-prinsip budaya leluhur. Kehidupan tradisional berkaitan erat dengan segala aspek kepercayaan-kepercayaan agama adat suku Biak. Pada bagian ini penulis akan membahas tentang salah satu rumah adat suku Biak yaitu rumah pendidikan yang disebut Rum Sram. 

Apa itu Rumsram? 
"Rumsram ini merupakan pusat sakral untuk kelompok anak-keturunan. Rumsram mempunyai dua macam fungsi: ia berfungsi sebagai tempat tinggal dan pusat pendidikan para pemuda, tetapi sekaligus ia merupakan pula pusat sakral dan tempat yang mewakili keturunan puak-puak utama. Patung-patung nenek moyang menjadi tiang-tiang penopang bangunan itu." (Kamma, 1981:130)

Dalam sekolah tradisional ini, "Pemuda-pemuda menerima pendidikan inisiasi yang sebenarnya dalam Rumsram (rumah ranting-ranting yang baru), yakni di bidang pertanian, perikanan, pembuatan perahu, ilmu obat-obatan dan selanjutnya dalam hal rahasia-rahasia peraturan tabu dan mitos-mitos dari klannya itu." (Kamma, 1981:286)

Dalam buku Arsitektur Tradisional Daerah Irian Jaya (1986), dijelaskan bahwa orang Biak membedakan Rumsram atas tiga model yakni, 1. Sram Mankubui, 2. Sram Insambunem dan 3. Sram Toko. 

Uniknya, Rumsram ini tidak hanya dimiliki oleh orang Biak, suku-suku di tanah Papua memiliki konsep pendidikan tradisional yang hampir mirip satu sama lain.  Kini para pemuda Biak tidak lagi mendapat pendidikan di Rumsram. Ketika pemerintahaan Belanda sampai pada pemerintahan Indonesia. Pendidikan-pendidikan sekuler telah ada sehingga menggantikan pendidikan tradisional di Rumsram. Istilah Rumsram sekarang telah digantikan menjadi Rumfarkor yang lebih identik dengan sekolah moderen.  

Post a Comment for "Rumsram: Sekolah Tradisional Zaman Dulu"