MOBIL NAGA: PERMAINAN TEMPO DULU PEMUDA DAYAK - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MOBIL NAGA: PERMAINAN TEMPO DULU PEMUDA DAYAK

 PERMAINAN MOBIL NAGA

Mobil mainan suku dayak
Permainan Mobil Naga Pemuda Dayak, 1900-an

Masa kecil memang merupakan masa yang penuh bahagia dan tersimpan banyak kenangan. Kita bermain bersama teman-teman kita dengan gembira tanpa memikirkan masalah orang dewasa. Masa kecil itupun hilang seraya kita bertumbuh menjadi remaja dan dewasa. Banyak kenangan manis yang telah dilewati banyak orang ketika mereka masih kecil. Setiap daerah di Indonesia memiliki permainan tradisionalnya masing-masing. Buatan karya sendiri memang punya nilai tersendiri. 

Orang Dayak memiliki budaya yang luar biasa mulai dari tradisi leluhur sampai pada dunia seni. Misalnya, seperti corak-corak motif tergambar ukiran dalam berbagai media kayu, arsitektur tradisional, peralatan, besi, dan media lainnya. Dunia seni bahkan diaplikasikan pada berbagai permainan anak-anak. 

Dunia otomotif mainan anak-anak pun sangat berkembang pada masa kini. Belum lagi permainan game di hp atau perangkat elektronik lainnya. Ternyata, anak-anak suku Dayak pada masa lalu, sering membuat permainan otomotif mobil mainan  bernuansa motif atau ukiran Dayak. Perhatikan gambar di awal artikel. Rancangan atau desain ini dibuat menyerupai bentuk adat kepercayaan orang Dayak.

Apakah permainan diatas merupakan adopsi dari mainan-mainan Eropa pada masa Hindia Belanda? Tidak jelas, namun jika diamati tampaknya ini permainan tempo dulu para pemuda Suku Dayak.

Ini menarik untuk diteliti lebih jauh, apalagi di Nusantara setiap suku punya ide dan permainan yang dirancangnya seperti kuda lumping, kaki kuda, miniatur perahu, tarik tambang, bambu gila dan masih banyak lagi. 

Sumber: https://www.gutenberg.org/files/62550/62550-h/62550-h.htm

Post a Comment for "MOBIL NAGA: PERMAINAN TEMPO DULU PEMUDA DAYAK "