ASAL MUASAL DAN ARTI NAMA MAMBERAMO - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ASAL MUASAL DAN ARTI NAMA MAMBERAMO

ARTI NAMA MAMBERAMO



ARTI NAMA MAMBERAMO


Foto ekspedisi orang Eropa Mr. J. Jongejans, Dr. H. J. T. Bijlmer, ditemani kepala suku Dayak, Taman Lendah. (sumber: buku Fragmenta Papuana, 1927-1929)

NAMA Mamberamo pasti memiliki latar belakangan kenapa disebut Mamberamo. Penduduk yang mendiami aliran sungai Mamberamo telah berabad-abad lamanya menempati tempat-tempat aliran sungai luas dan strategis itu. Konon, sungai ini menjadi tempat pertemuan antara penduduk pesisir dan penduduk pegunungan dalam melakukan barter tradisional dan aktifitas dagang. Kita mungkin bertanya-tanya darimanakah asal muasal dan arti Mamberamo itu?

Apa arti dari kata Mamberamo? Atau darimakah asal muasal nama Mamberamo? Untuk menjawabnya artikel ini akan mengangkat beberapa versi lisan yang kemudian ditulis sebagai sumber rujukan tentang penamaan Mamberamo. Ada beberapa versi tentang muasal nama Mamberamo baik melalui penduduk Mamberamo seperti bahasa Pauwi, bahasa Dani dan juga bahasa Biak. 

Versi orang Biak

Tulisan mengenai arti kata Mamberamo dalam bahasa Biak terdapat dalam catatan F. C. Kamma dalam bukunya Koreri, 1972, hal. 63. Di sebutkan bahwa secara harfiah Mamberamo berasal dari kata 'Manberamon yang berarti orang-yang-pergi-menjadi-mon (jiwa orang mati). Yang dimaksud di sini adalah sungai besar Mamberamo, tetapi juga pintu gerbang ke dunia bawah.' Menurut cerita tutur beberapa versi orang Biak, bahwa Manseren Koreri (Manggundi) tinggal di hulu sungai Mamberamo. Sehingga nama ini berkaitan erat dengan peristiwa Manarmakeri yang disebut Manseren Manggundi. F. C. Kamma, merujuk pada catatan Feuilletau de Bruyn yang mencatat bahwa mite orang Numfor mengenai Manseren Koreri yang tinggal di hulu Mamberamo. Tentu saja versi ini perlu di kaji lebih mendalam lagi mengingat tidak banyak referensi ataupun cerita tutur lain untuk menguatkan versi ini. 

Versi Orang Dani dan Orang Pauwi

sungai mamberamo
Pemetaan aliran sungai Mamberamo 1884-1906
Bagaimana asal muasal nama Mamberamo menurut bahasa Dani dan Pauwi? Kedua bahasa ini memiliki arti yang sama. Dalam bahasa Dani maupun bahasa Pauwi, secara etimologi Mamberamo berasal dari kata mambe:besar, luas dan ramo berarti air, ini merujuk kepada sungai yang besar. Penamaan ini sangat cocok dengan aliran sungai Mamberamo yang luas dan banyak airnya. 

Sejak tahun 1800 sampai tahun 1900-an, beberapa orang Eropa mengunjungi Mamberamo. Misalnya dalam catatan tertulis, tercatat tahun 1884, E. Kerkhoven, Braam Morris mengunjungi Mamberamo. Ada juga A. R. van Hasselt,  dan ekspedisi-ekspedisi pemerintahan Belanda di sana.  Dari kunjungan mereka, tercatatlah beberapa informasi penting tentang Mamberamo. 

E. O. Kerkhoven (1884), ketika di Mamberamo, ia mencatat arti nama Mamberamo dari penduduk asli Mamberamo yang kala itu disebut orang Pauwi. Berdasarkan keterangan yang didapatkan oleh orang Pauwi, bahwa "Mamberam atau Mamberonmo" berarti "air besar (groot water)". 

"Dan weer waren de boorden van den Mamberam of Mamberonmo („groot water" in de taal der Papoea's) bedekt met hoog hout van de meest verschillende soort en grootte, terwijl enkele eilanden gevormd werden door kreekjes en zijtakjes, welke alle wemelden van gevogelte, dat een chaos van kreten veroorzaakte. Watersnippen, katalla's (witte kakatoe's), loeri's, wulpen en andere soorten vlogen, in hun rust gestoord, uit hunne schuilhoeken te voorschijn en vervulden de lucht met doordringend gekrijsch". (E. O. KERKHOVEN, 1884)

Selain itu, ada juga daftar kosakata bahasa Pauwi yang disusun para penjelajah Eropa yang di dalamnya terdapat arti nama Mamberamo. Terdapat beberapa penulisan yang berbeda-beda tentang nama ini, dalam berbagai literatur bahasa Belanda ditulis, "Mamberamo, Mamberonne, Mamberonmo, Mamberam, Manberamon" 

Menurut hemat penulis bahwa asal muasal nama Mamberamo ini sangat erat kaitannya dengan penduduk asli Mamberamo maupun kondisi alam sekitar yang membuat mereka memberi nama sesuai keadaan alam. Yang artinya nama Mamberamo secara linguistik berasal dari bahasa asli Mamberamo yakni bahasa Pauwi.

Post a Comment for "ASAL MUASAL DAN ARTI NAMA MAMBERAMO"