SEJARAH ASAL MUASAL NAMA WANDAMEN-WONDAMA - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEJARAH ASAL MUASAL NAMA WANDAMEN-WONDAMA

arti nama wandamen, wondama
Muasal Nama Wandamen  WONDAMA

Mengulik sejarah orang Wandamen atau Wondama tak ada habisnya. Banyak sekali kisah-kisah menarik di sana. Eksistensi orang Wandamen memiliki sejarah panjang di atas tanah Papua. Sejarah persebaran manusia Wondama serta kebudayaan mereka meluas di pesisir tanah Papua. Kebudayaan Kuri-Pasai telah melektakkan fondasi kebudayaan orang-orang Saireri dimana sangatlah unik untuk menelitinya. Artikel ini akan mengupas sedikit tentang asal muasal dan arti nama Wondama. 

Selama abad ke-16 sampai abad ke-18, penjelajahan yang dilakukan orang-orang Eropa ke tanah Papua menghasilkan berbagai catatan tertulis yang bermanfaat. Misalnya, sehubungan dengan nama Wondama dan Wandamen. Navigator Skotlandia bernama  Thomas Forrest pada 1775, menulis nama Mandamy dalam catatan perjalanannya. Nama "mandamy" dibaca Mandami (Mandama). Istilah "Mandama" maupun "Wondama" memiliki bentuk makna yang sama.  

Penulisan nama Wondama atau Wandamen dalam berbagai literatur 1700 sampai 1900-an bervariasi seperti "Mandamy", "Wandammen", "Wondama", "Wandamin". Nama Wandamen atau Wondama berasal dari bahasa Wandamen (Kavo Wondama) yang secara etimologi terdiri dari dua suku kata "Won/Man" dan "Dama/Rama" berarti orang yang datang; orang yang datang berkumpul, atau tinggal di wilayah itu.  

Menurut pemerhati budaya teluk Wondama, Bapak Ramar (Hiriguay Ramar), menjelaskan bahwa "Wondama itu, nama Kampung bukan nama Suku! Suku yang berada di Kampung Wondamawi adalah Suku Munukha (Ramar) dari kampung ini namanya dijadikan nama Kabupaten! Wandamen artinya datang. Mengapa orang tua menamakan datang, karena suku-suku yang berada di kampung itu mereka datang dari Udik Simo (dataran Gunung leher burung pulau Papua "Kuri-Pasai" Toroar, Mairasi, Dusner, Wamesa, Kuri, Ambumi, Tandia, Wamori, mereka kumpul di tempat ini dan menjadikannya Kampung di Pinggiran Pantai!" (facebook Mansarisa, 29/10/2022). 

Menurut penuturan orang Wondama juga bahwa Won berarti orang-orang. Dama bermakna tinggal disini atau datang kesini. Jadi, Wondama berarti orang-orang yang datang/tinggal di daerah ini.  Sedangkan dalam pengertian bahasa Biak juga memiliki makna yang sama yang secara etimologi terdiri dari dua suku kata Man dan Dama/Rama. Man berarti orang, manusia, laki-laki. Dama atau Rama berarti datang. Secara harfiah berarti orang yang datang, tamu, memaksudkan pendatang, orang yang datang dari luar suatu wilayah/daerah dan tinggal di tempat tersebut. 

Post a Comment for "SEJARAH ASAL MUASAL NAMA WANDAMEN-WONDAMA "