TRUK SEMEN MOLEN PADA MASA HINDIA-BELANDA - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TRUK SEMEN MOLEN PADA MASA HINDIA-BELANDA

  

molen mesin campur semen

TRUK MOLEN atau yang disebut  mixer truck dalam bahasa Inggris telah lama digunakan oleh Hindia-Belanda, dalam membangun berbagai proyek besar di Hindia-Belanda (sekarang Indonesia) dalam membangun bangunan-bangunan pemerintah maupun swasta. 

Dunia otomotif  di Indonesia sudah diperkenalkan sejak akhir tahun 1800-an. Jadi, bagi orang Indonesia pada jaman dulu, sebenarnya sudah tidak asing dengan teknologi konstruksi maupun alat-alat berat. Hadirnya orang Eropa di Nusantara telah membawa berbagai teknologi barat yang kemudian banyak digunakan di Nusantara. 

Bangunan-bangunan dengan desain ala Eropa, telah memanfaatkan teknologi truk molen untuk proses pengaduk pencapuran semen agar proses kerja lebih efisen dibandingkan tenaga kerja manusia. Truk mixer terdiri dari jenis atau ragam dan bentuk namun namun memiliki fungsi yang tidak berbeda. 

Pada Era Hindia-Belanda, truk molen digunakan pada tahun awal 1900-an, terlihat dalam dokumen foto tempo dulu misalnya pada tahun 1910 truk molen dipergunakan di Malang, Sumatra. 


truk molen semen
Pribumi Padang dan orang Eropa berpose di depan truk molen pada tahun 1910

Perkembangan otomotif mulai dari berbagai jenis truk muatan baik dari yang ukuran kecil sampai ukuran besar termasuk truk molen memperlihatkan bahwa dunia otomotf di masa lalu sebenarnya berkembang pesat. Sampai saat ini, truk molen terus dibuat dalam berbagai ukuran dan bentuk mulai dari harga yang cukup murah sampai pada harga yang tinggi. Produsen-produsen truk molen terus menyediakan kebutuhan proyek kontruksi.  

Post a Comment for "TRUK SEMEN MOLEN PADA MASA HINDIA-BELANDA"