MOBIL TENAGA SURYA - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MOBIL TENAGA SURYA

mobil surya

Bridgestone World Solar Challenge merupakan acara internasional di mana tim bertujuan untuk melintasi 3022 kilometer dari Darwin ke Adelaide menggunakan kendaraan bertenaga surya. Acara ini menempatkan hasil rekayasa mobil bertenaga surya. Foto ini memperlihatkan bagaimana Tim Otomotif Tenaga Surya berfoto bersama mobil bertenaga surya. Photo diambil dari situs resmi Western Sydney Solar Team (https://solarcar.scem.westernsydney.edu.au) 


MOBIL surya adalah mobil yang menggunakan tenaga surya, yakni memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi melalui panel surya sebagai media untuk menyerap sumber tenaganya. Tapi, apakah mungkin bisa memanfaatkan tenaga surya? Jawabannya adalah bisa. Dalam beberapa tahun terakhir banyak pakar-pakar otomotif dan perusahaan raksasa berlomba-lomba untuk membuat mobil tenaga surya. Hasilnya, memuaskan karena mereka berhasil membuat itu, bahkan ini dari para kalangan mahasiswa teknik seperti di Australia, Belanda dan bahkan Indonesia. 

Inovasi-inovasi pada sumber alam cukup berhasil, tenaga surya yang menhasilkan sumber energi listrik sebagai pemicu jalannya kendaan mobil. Mengapa mobil tenaga surya ini sangat diupayakan? Salah satu alasannya adalah ramah lingkungan. Kemudian akan menghebat bahan bakar, sehingga uang bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Apalagi bagi mereka yang berkeluarga pasti banyak sekali kebutuhan ini itu, yang sering bikin kepala sakit, kepala keluarga.

Negara-negara maju sebenarnya telah mengembangkan mobil tenaga surya lebih dahulu dari Indonesia. Sebut saja, Amerika, Australia, Belanda, dan negara lainnya. Amerika memperkenalkan projec pertamanya pada tahun 1950-an. Indonesia baru saja mengembangkan itu pada tahun 1980-an di Surabaya oleh kalangan Mahasisa Institut Tenologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Indonesia sendiri memiliki mobil tenaga surya yang dinamakan "Widya Wahana" dalam beberapa turunan otomotifnya. 

Musim perlombaan yang disebut World Solar Challenge (WSC) yang biasa diadakan di Australia sering dibuat untuk menampilkan berbagai karya-karya otomotif tenaga surya buatan tangan-tangan cerdik. Dalam berbagai ajang kompetisi, produk-produk ini akan menampilkan skil otomotifnya sebagai pemenang. 

mobil surya

Meskipun penemuan mobil ini sudah bisa dibuat manusia, namun produksi masalnya belum ada, sebab banyak kendala teknis baik dari biaya dan masalah teknis pada mobil listrik itu sendiri. Karena, butuh asupan listrik yang besar untuk mendorong sebuah mobil yang notabene sumber energinya dari listrik panel surya. Di masa depan, mobil bertenaga listrik ini terus di kembangkan dan mungkin suatu saat nanti semua orang akan menggunakan kendaraan tersebut. 

Post a Comment for "MOBIL TENAGA SURYA"