KEUNTUNGAN DAN MANFAAT MENJADI PENULIS BLOG - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KEUNTUNGAN DAN MANFAAT MENJADI PENULIS BLOG

  


BLOGGER
Photo by Dan Counsell 

MENULIS adalah seni mengungkapkan cita rasa kata-kata, ekspresi kita dalam menuangkan sebuah bentuk makna dalam bentuk tulisan. Entah dituangkan dalam media apapun, tetap saja menunjukan pikiran dan imajinasi kita. Pada era moderen, banyak orang cenderung suka menulis baik sepenggal kata, frase, kalimat, paragraf dan menjadi sebuah tulisan dengan ribuan kata. Media Sosial menjadi lahan subur manusia mengungkapkan emosinya melalui berbagai kata-kata sesuai bahasanya. 

Kini, sebuah tulisan dalam bentuk buku, majalah, koran, digital maupun media lainnya telah menjadi pekerjaan yang digeluti banyak orang yang suka menulis. Dan keterampilan menulis bisa berguna untuk mengasah kemampuan intelektual kita bahkan menjadi sumber finansial seseorang yang menekuninya.  

Salah satu media untuk menuangkan ide, kreatifitas menulis kita adalah blogger. Apa itu blogger? blogger adalah pengguna blog atau seseorang yang berkecimpung dalam dunia blog yaitu dengan menulis. Sebagai blogger tentu harus rajin menulis dan terus mencari ide-ide dalam tulisannya.

Menulis di blog sangatlah asik apalagi kalau itu adalah bagian dari hobi kita. Dan sebenarnya menulis sesuatu yang berkaitan dengan hobi ataupun minat kita, justru lebih mudah di bandingkan menulis sesuatu yang belum pernah kita lakukan. Tentu, kita harus belajar dan berlatih sangat keras. Maka, untuk bisa menulis, cobalah menulis sesuatu yang sering Anda lakukan sehari-hari. 

Misalnya, jika Anda hobi memancing, tulislah sebuah cerita tentang memancing. Fotolah ikan hasil pancingan, kemudian rangkailah kata demi kata sehingga membentuk kalimat dan menjadi sebuah cerita yang panjang. Semakin panjang cerita Anda, itu menjadi peluang di masa depan untuk mendapat penghasilan dari tulisan Anda. Google Adsense sebenarnya mencari tulisan-tulisan yang original. 

Kalau Anda masih bingung atau belum berpengalaman cobalah rajin membaca, rajinlah bertanya. Ada pepatah yang bilang "malu bertanya sesat dijalan"  dan satu lagi yang paling penting adalah mau mencoba dan pantang menyerah. Lepaskan semua keraguan dalam hatimu. Banyak sekali blogger pemula yang sukses dalam membuat blog, tapi ada juga yang menyerah. Ada banyak faktor yang memengeruhi seseorang sehingga akhirnya berhenti menulis. Mungkin saja ide, kreatifitas atau malas menulis bisa menjadi beberapa penyebab banyak menyerah. 

Saya sendiri mulai menggeluti dunia blog pada awal 2021, setelah memulai untuk menulis saya belajar bahwa memang yang dibutuhkan dari awal adalah tekad dan kerja keras. Yang lain urusan belakangan. Awalnya saya memulai dengan menulis sesuatu yang saya sukai, karena dengan begitu buat saya tidak memikirkan sesuatu yang sulit sehingga tulisan saya bisa mengalir lancar di atas canvas word. Ternyata menulis itu seni, yang perlu pelatihan dari waktu ke waktu. 

Memasuki pertengan Juli 2021, salah satu blog Saya diterima google Adsense dan baru berjalan dalam beberapa bulan, memang penghasilannya sangat kecil tapi itu bisa membakar semangat untuk rajin menulis dan berekspresi dengan kata-kata dalam artikel. Jadikan menulis sebagai hobi seperti makan lalapan ayam. Dengan terus bertekun menulis, Anda akan merasakan pengalaman menarik bahwa ternyata Anda juga bisa menulis. 

Sering-seringlah membaca, agar ilmu dan kemampuan intelektual Anda bertambah. Alhasil Anda akan mendapati bahwa menjadi seorang Penulis Blog tidaklah sulit!!!

Post a Comment for "KEUNTUNGAN DAN MANFAAT MENJADI PENULIS BLOG"