Siapa yang Pertama Kali Mencetus Nama Melanesia? - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siapa yang Pertama Kali Mencetus Nama Melanesia?

  

nama melanesia
Jean Baptiste Bory (by Émile Lassalle), 1834
ABAD 21 ini, merupakan abad dimana gaungan tentang nama Melanesia begitu meluas, begitu nampak dan tampaknya akan terus menjadi sebuah istilah yang akan sering dipakai oleh orang-orang berkulit hitam di wilayah Indonesia Timur sampai ke kepulauan Pasifik. 

Istilah "Mélanésiennes"  atau Melanesia yang kini mendunia pertama kali diklaim oleh Dumont d'Urville pada 1832. Apakah Dumont d'Urville pencetus nama ini? Tidak, sebab istilah ini telah lama  digunakan oleh Jean Baptiste Bory de Saint-Vincent dengan nama panggilan Bory (1778–1846) adalah seorang naturalis asal Prancis. Bory menggunakan istilah "Melanien" yang dalam bahasa Yunani artinya hitam, gelap, berkulip gelap. 

Nah, belakangan Dumont d'Urville menggunakan istilah Melanien menjadi Melanesien yang kini dikenal sebagai Melanesia. Meskipun dia bukan pencetus nama tersebut namun, Dumont d'Urville lah yang mempopulerkan istilah Melanesia. 


Masing-masing sejarawan mereka punya pembagian yang tidak konsisten dengan penggunaan nama "Melanesia". Kalau Jean Baptiste Bory, dia hanya merujuk ke beberapa kelompok masyarakat di pantai Utara Papua dan kepulauan Raja Ampat seperti Waigeo, Salawati, dan beberapa pulau lainnya. Dumont d'Urville juga kembangkan istilah itu lebih luas yaitu meliputi pulau Papua, Alor, Halmahera, PNG, Salomon, Vanuatu, Fiji, dan beberapa wilayah lainnya.


peta wilayah melanesia
Peta wilayah Melanesia oleh Dr. Lesson, 1884

Dumond d'Urville kelompokkan orang-orang kulit hitam sebagai "Ras Melanesia" maupun sebagai nama geografi wilayah kulit hitam. Belakangan istilah ini banyak digunakan dan banyak juga perbendaan pendapat dikalangan sejarawan dan ahli genetika. Banyak lebih setuju nama itu digunakan sebagai wilayah kawasan Melanesia. Penduduk Filipina berkulit hitam yang disebut orang aita, mereka gunakan istilah yang berbeda "Ras Negrito". Dr. Lesson dalam petanya tahun 1884, wilayah Melanesia termasuk benua Australia. 

Post a Comment for "Siapa yang Pertama Kali Mencetus Nama Melanesia?"