Mansar Dr. Kamma Menjadi Panutan bagi Arnold Ap - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mansar Dr. Kamma Menjadi Panutan bagi Arnold Ap

Dr. Kamma

Dr. Freerk C. Kamma (1906-26 September 1987), seorang Penulis kawakan yang banyak menulis tentang budaya beberapa suku di tanah Papua. Ia banyak berjasa dalam perkembangan pendidikan di tanah Papua, bahkan menjadi teladan bagi seorang Arnold Ap (1946-1984). 

Selain menulis berbagai buku tentang budaya, minat dan kecintaannya akan lagu-lagu tradisional orang Papua pun tak kalah penting, ia banyak mengoleksi rekaman-rekaman musik tradisional dari berbagai suku. Ia mendorong Arnold Ap, untuk terus mengembangkan budaya dan seni Papua melalui karya musik. 

Dalam salah satu rekaman suara Arnold Ap, pada 06 April 1979 yang dikirim kepada Bapak Kamma, di situ Arnold Ap berbicara dalam bahasa Biak tentang bagaimana bantuan yang diberikan Bapak Kamma kepadanya, baik secara materi maupun moril untuk mendukungnya dalam mengangkat budaya orang Papua melalui musik.  Dalam rekaman tersebut, Arnold Ap juga bercerita banyak hal tentang perkembangan Mambesak di tanah Papua kepada Bapak Kamma. 

Arnold menyebut Bapak Kamma dengan sebutan "Mansar" dalam rekaman bisa terterlihat adanya kedekatan Bapak Kamma dan seniman Arnold Ap. Ya, Bapak Kamma yang dikenal sebagai antrolog Papua pada masanya memberikan kontribusi besar terhadap dunia literasi di tanah Papua. Kamma merupakan seorang tokoh Papua yang terkenal bukan hanya di Papua tapi juga di negerinya. Kedua tokoh ini sama-sama sebagai antropolog yang berbeda usia bagaikan seorang Bapak dan Anak. 

Post a Comment for "Mansar Dr. Kamma Menjadi Panutan bagi Arnold Ap"