SEJARAH LAGU APUSE YANG FENOMENAL DAN SIAPA PENCIPTANYA? - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEJARAH LAGU APUSE YANG FENOMENAL DAN SIAPA PENCIPTANYA?

 

lagu Apuse
Lirik lagu "Apuse", 1974
Seluruh masyarakat Indonesia pasti sangat kenal betul lagu daerah yang berasal dari tanah Papua yaitu lagu "APUSE". Lagu ini menjadi kenangan manis bagi mereka yang telah melewati sekolah dasar (SD), menjadi lagu favorit anak-anak kecil. Selain lagu ini menjadi lagu nasional, lagu ini juga kerap dinyanyikan artis-artis nusantara dan terkhususnya artis tanah Papua dengan beragam jenis musik. 

Ini merupakan salah satu lagu daerah yang sangat terkenal dan viral sejak lama. Kisah tentang penciptanya masih menjadi misteri, sehingga lagu tersebut penciptanya sering ditulis "NN" tidak diketahui siapa penciptanya. Untuk merekonstruksinya, tentu harus mencari berbagai sumber untuk menemukan siapa penulis lirik lagu Apuse. Dan, sejak kapan lagu ini ada, setidaknya tahun pembuatan, atau tahun dimana lagu ini mulai dikenal. 

Yang pasti adalah lagu Apuse merupakan lagu bahasa Biak. Tapi, kendalanya adalah kapan lagu itu dibuat? Siapa penciptanya? Dan dimanakah kita bisa mendapatkan sumber pustaka untuk menjejakinya. Sangat sedikit untuk menggali informasi tertulis tentang lagu ini. Tapi, ada sedikit informasi lisan dan catatan yang bisa menjadi rujukkan kita untuk menelusurinya. 

Dalam catatan Danilyn Rutherford, dalam bukunya Raiding the Land of the Foreigners (2021)dan Diana Glazebrook (2008) terdapat penjelasan bahwa lagu tersebut komposernya adalah seorang guru terkenal dan penginjil yang menulis lagu itu pada sekitar tahun 1930-an. Siapa guru penginjil tersebut? Dalam rujukan Rutherford dan Diana Glazebrook tidak disebutkan nama penciptanya. Ada benarnya catatan dari kedua penulis di atas sebab seorang kakek Biak yang bernama H. Kurni yang lahir pada 1918, menceritakan bahwa ketika ia masih kecil, lagu ini sudah dinyanyikan namun ia sendiri tidak mengetahui siapa penciptanya. Itu berarti Tete H. Kurni ketika itu berumur 12 tahun. 

Ketidakjelasan siapa penciptanya ini membuat beberapa orang Biak mengklaim lagu tersebut. Misalnya lagu Apuse diklaim oleh Bapak Korinus Mandosir Sarumi (23 Juli 1940-14 September 2022) bahwa dialah yang menciptakan lagu tersebut pada 1962.  Nah, menariknya selain Bapak Mandosir, ada juga Bapak Wanma, yang mengklaim bahwa itu adalah lagu ciptaannya pada 1957, yang mana lima tahun lebih dulu dibuat dari Bapak Mandosir 1962.  Ketika Bapak Wanma di pulau Numfor, ia mengatakan bahwa lagu itu di buat pada tahun 1957. Pada 1961, di kampung Rarsibo, mereka pertama kali menyanyikan lagu tersebut. 

Black Brothers
Album Black Brothers, 1978
Dalam buku Masuklah ke Desa Pedoman Kerja Pelopor Pembangunan, cetakan tahun 1974, terdapat lirik lagu Apuse. Menurut sumber lisan lain bahwa lagu tersebut diciptakan oleh Arnold Ap (1946-1984), dan  Sam Kapisa, sebab lirik dan syair lagu tersebut dimuat dalam Songger Berok Grup Manyouri pada 1977 dan direkam pada tahun yang sama. 

Pada 1970 hingga 1980-an, lagu Apuse mulai populer.  Grup Mambesak merekam lagu Apuse pada tahun 1977. Pada 1978 dan 1986, Grup Band legendaris Papua, Black Brothers menyanyikan lagu tersebut dalam album Black Brothers Volume 5 (1978). lagu ini juga dipopulerkan Corry Rumbino (1970-an), David Kurni (1980-an) di Papua Nugini

Nah, dari beberapa catatan yang Penulis kumpulkan bahwa lagu Apuse merupakan salah satu lagu Biak tempo dulu yang belum jelas siapa penciptanya. Dan jika merujuk pada catatan Rutherford bahwa lagu ini telah ada sejak tahun 1930-an, itu berarti lagu ini sudah sangat lama usianya, bahkan lagu ini lebih tua usianya dari umur Bapak Mandosir. 

Perlu adanya pencarian referensi maupun narasumber tentang siapa sosok guru penginjil yang disebutkan oleh Diana Glazebrook dan Rutherford itu? Dan apakah ada tinggalan dokumen atau catatan historis tentang lagu tersebut? 

Karena belum begitu jelas siapa sebenarnya pencipta lagu ini, maka perlu adanya riset yang mendalam mengenai lagu Apuse. Artikel ini akan terus diupdate dan menggali lebih dalam lagu Apuse.

Post a Comment for "SEJARAH LAGU APUSE YANG FENOMENAL DAN SIAPA PENCIPTANYA? "