Karya Besar Dr. Gerrit Jan Held Terhadap Literasi Suku Bangsa Waropen - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karya Besar Dr. Gerrit Jan Held Terhadap Literasi Suku Bangsa Waropen

kamus bahasa Waropen
Orang Waropen atau Suku Bangsa Waropen adalah salah satu kelompok suku atau etnik yang hidup di atas tanah Papua sejak masa lampau. Perjalanan ekspedisi yang dilakukan oleh bangsa Eropa, telah lama mencatat tentang masyarakat adat Waropen, dan berbagai peta di zaman Hindia Belanda. Namun, rupanya tidak begitu lengkap catatan tentang orang Waropen, sebagian dari para penulis sejarah, tidak secara lengkap atau mendetail menulis tentang kehidupan maupun adat istiadat suku bangsa ini. 

Tetapi ada seorang yang sangat menonjol dalam sejarah literasi orang Waropen, dan mungkin dia satu-satunya penulis kawakan yang menulis banyak hal tentang masyarakat Waropen di abad ke-20. Dia adalah Dr. G. J. Held (1 Juli 1906 – 28 September 1955), yang adalah antropolog budaya Belanda yang banyak membahas tentang etnografi Papua pada suku bangsa Waropen. 

buku karya Dr. G. J. Held
Buku karya Held, 1947

Dr. Held menulis sekitar delapan buku, dan empat diantaranya merupakan karya luar biasa bagi literasi Papua. Empat buku membahas tentang bahasa dan adat istiadat orang Waropen. Karya empat buku ini adalah (1) Grammatica van het Waropensch, 1942. (2). Woordenlijst van het Waropensch, 1942. (3). Papoea's van Waropen, 1947, (4). Waropense teksten, 1956. (5). De Papoea, 1951. 

Dalam bukunya Papoea's van Waropen, disitu kita akan mendapat banyak pengetahuan adat dan budaya dalam berbagai aspek misalnya tentang seni ukir, bahasa, budaya-budaya lama orang Waropen, pengetahuan tentang astronomi orang Waropen, pembuatan perahu, pola hidup, perntanian, kepercayaan mite-mite, legenda dan beragam informasi yang termuat dalam bukunya.

1 comment for "Karya Besar Dr. Gerrit Jan Held Terhadap Literasi Suku Bangsa Waropen"

Unknown March 23, 2023 at 1:22 PM Delete Comment
Dimana saya bisa baca buku Dr. Gerrit Jan Held ?