TELAGA WOPERSNONDI YANG MEMBIRU BERBALUT PANTAI SAMARES YANG CANTIK - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TELAGA WOPERSNONDI YANG MEMBIRU BERBALUT PANTAI SAMARES YANG CANTIK

Wopersnondi atau Snondisapi yang kerap disebut telaga Biru, menjadi salah satu spot wisata yang sering dikunjungi masyarakat Biak maupun wisatawan lokal dan manca negara untuk melepas lelah dan refresing. 

APA KEUNIKAN TELAGA OPERSNONDI DAN PANTAI SAMARES? 

Ada beberapa keunikan yang dimiliki telaga Opersnondi. Letak telaga ini tidak jauh dari pesisir pantai yang hanya berjarak sekitar 100 meter, telaga Opersnondi memiliki air yang jernih dengan warna biru alami. Kedalaman air mencapai 7 meter dan menyimpan beberapa ekosistem seperti ikan-ikan kecil dan beberapa habitat lainnya. 

Di sekitar telaga terdapat berbagai macam jenis-jenis pepohonan dan tumbuhan, burung-burung yang bisa terdengar kicauan suara merdu mereka. 



Kita juga bisa melihat berbagai jenis pohon dalam bahasa Biak. Selain menikmati telaga biru, kita bisa langsung merebahkan diri di pasir putih Samares sambil mandi-mandi. Pasir putih memajang dengan pepohonan disepanjang pesisir pantai. 




Bagian lain dari sisi pantai Samares, di tebing-tebing batu di pesisir Pantai, ini bisa menjadi spot yang patut untuk dikunjungi. Gua-gua kecil yang menganga keluar memperlihatkan bahwa di jaman dulu tempat-tempat ini menjadi rumah bagi leluhur suku Biak. 




HISTORI PENAMAAN OPERSNONDI

Nama Opersnondi atau Snondisapi memiliki kisah sedih dibalik namanya yang fenomenal. Opersnondi secara harfiah berarti laki-laki yang melompat. Konon, suatu hari ada seorang pria dari Keret Ansek, yang berburu, di telaga itu ia naik ke atas sebuah untuk mengambil sesuatu yang dilihatnya di pohon. 

Ia membawa kapak batunya, tanpa disengaja kapak batunya jatuh ke dalam air. Ia pun berupaya untuk mengambilnya namun karena air terlalu dalam akhirnya ia tak sampai memasuki dasar telaga tersebut. 

Ia memutuskan untuk mengikat kakinya dengan batu, agar ia bisa dengan mudah masuk kedalam dasar air dan bisa mencari kapak batunya. Sayangnya ia tak pernah timbul lagi. Itu alasannya mengapa telaga itu dinamakan Opersnondi. 

Post a Comment for "TELAGA WOPERSNONDI YANG MEMBIRU BERBALUT PANTAI SAMARES YANG CANTIK"