AYO! JALAN-JALAN KE PULAU RANI, PULAU EKSOTIS - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

AYO! JALAN-JALAN KE PULAU RANI, PULAU EKSOTIS

Pemandangan Tanjung Urbinasi, Rani, 2022

JELAJAHI Tanah Supiori selalu memberikan kesan tersendiri. Panorama dan pemandangan yang indah selalu menjadi primadona Supiori. Keindahan kepulauan Aruri memang sungguh mempesona, pantai pasir putih dan banyak dikelilingi hutan bakau yang sejuk memberi warna abadi yang kian abadi.

Perjalanan Manfasramdi kali ini adalah menuju pulau Rani, sebuah pulau kecil dengan hamparan pasir putih dan pepohonan menjulang kelaut. Salah satu destinasi yang ingin kami kunjungi. Kami pun memulai ekspedisi jalan-jalan ke Supiori dari kota Biak. Perjalanan dari kota Biak ke Supiori berjarak kira-kira 80-90 kilometer. Jalan yang kami lalui melewati banyak hutan hijau dan jalan yang berkelok-kelok. Kami berangkat pukul 5.30 tiba pukul 7.30 WIT.

pulau Rani

Kami menginap malamnya, besok paginya kami bersiap-siap semua perlengkapan dan menuju pulau Rani. Kami harus pergi ke Korido setelahnya menggunakan Speedboat (perahu) menuju pulau Rani, Desa Wisata.

Setelah tiba, rasanya lelah kami pun terbayarkan, pemandangan yang sejuk, sunyi, hamparan pasir putih tanjung Urbinasi sungguh luar biasa. Mata kami juga dimanjakan rumput hijau, pohon kelapa dan airnya yang jernih bak kaca. Apa lagi yang unik dari pulau Rani? Tak kala menarik yaitu pemandangan bawa lautnya, terumbu karang, berbagai jenis ikan, jenis kerang.

Di sini Anda bisa memancing dengan leluasa, ikannya bisa diajak negosiasi, sehingga tanpa menunggu lama umpan anda bisa langsung diterkam ikan-ikan. Hasil laut selain ikan ada gurita, siput laut, dan berbagai macam jenis burung di pulau Rani.

Tempat Istirahat yang sejuk

HISTORI PULAU RANI

Konon pulau ini menjadi tempat persinggahan pelaut-pelaut Biak, Numfor, Supiori dan Yapen di masa lalu. Menurut informasi lisan bahwa Pulau ini bernama Ran atau Rani yang berasal dari bahasa Biak yang diartikan berarti lalat. Katanya konon banyak lalat di pulau tersebut. Pulau Rani sudah tercatat dalam dokumen sejarah bahasa Belanda, sejak tahun 1800-an.

Dalam literatur bahasa Belanda, pulau ini disebut "Runi Eiland" atau "Poelau Runi". C. B. H. Von Rosenberg pada 1869-1870 mencatat dua pulau yaitu "Neki en Rani". De Clerq (1893) juga mencatat pulau beberapa nama pulau 'Aruri, Ran atau Rani, Nusumbabi, Bonsfori'.

Catatan:

Lokasi: Pulau Rani, Distrik Kepulauan Aruri, Kabupaten Supiori, Papua. Titik koordinat Pulau Rani: 0° 57' 18.545" LS, 135° 30' 1.636" BT. Pelabuhan Korido ke pulau Rani, transportasi laut, sekitar 15-40 Menit.

Terdapat homestay di kampung Yamnai, di pulau Rani.