PACE PAUL PAPUA YANG MATI KARENA MASUK DUA KEYAKINAN - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PACE PAUL PAPUA YANG MATI KARENA MASUK DUA KEYAKINAN

paul papua
François Valentijn


PACE yang kam liat dalam foto ini depu nama François Valentijn (17 April 1666 – 6 Agustus 1727). De ini salah satu penulis sejarah di jaman dulu pada masanya VOC Belanda. 

Dalam depunya buku Oud en nieuw Oost-Indiën, vervattende een naaukeurige en uitvoerige, 1726, de kas tau tentang pace Papua satu yang dulu tinggal di Maluku Tengah (Kepulauan Lease atau Uliase, Uliaffers) kemungkinan pace dia di Saparua. Pada 12 Desember 1643,  pace satu yang dong sebut dengan nama “PAUL PAPOEWA” [Paul Papua] pace Papua ini, dong gantung dia mati karna de masuk Christen (Kristen) dua kali dan masuk Moorsch (Islam) dua kali. 

Pace Valentijn tra kas tau pace Paul depu asal usul marga atau de itu dari suku mana. Tapi yang jelas disini bahwa de itu orang Papua. Menariknya, meskipun pada waktu itu belum banyak orang Papua masuk Kristen maupun Islam tapi tercatat bahwa dia satu-satunya orang Papua yang mengenal dua agama ini di jaman dulu. 

Catatan sejarah yang Valentijn tulis ini bisa jadi petunjuk bahwa dulu-dulu orang Papua sudah banyak di tempat-tempat lain di luar tanah Papua. 

Post a Comment for " PACE PAUL PAPUA YANG MATI KARENA MASUK DUA KEYAKINAN"