DAUN PAPEDA PAPUA DALAM DESKRIPSI PACE JOHN ELLIS - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DAUN PAPEDA PAPUA DALAM DESKRIPSI PACE JOHN ELLIS

daun mangkokan
Buku John Ellis, 1777


PACE John Ellis (1710-1776), de ini salah satu naturalis yang tulis buku "A Description of the Mangostan and the Bread-Fruit" yaitu deskripsi tentang buah Mangis dan buah Sukun. Dalam de punya buku ini, de sebutkan salah satu jenis daun yang dipakai sebagai obat-obatan di masa lalu. 

Dalam de buku ini, de tulis "DAUN PAPEDA PAPUA" atau yang disebut "BUBON". Bubon kemungkinan salah satu bahasa daerah di tanah Papua. Pace de tulis bahwa orang Ternate dong sebut daun ini "Gura bata". Fungsi atau khasiat dari daun untuk kas sembuh penyakit kencing nanah atau gonore.  

daun mangkokan

Potongan teks buku John Ellis, menjelaskan tentang khasiat daun papeda Papua

Daun ini merupakan obat tradisional diuretic, yang bantu kas bentuk urin, supaya tong punya air kencing itu stabil atau barang jalan normal. Masa kini sudah banyak obat-obat farmasi yang dibuat yang biasa dong bilang pil air, biasanya de punya fungsi itu untuk kas kurangi tumpukan cairan tubuh yang de buang lewat air kecing (urin). 

Buku Naturforschende Gesellschaft, Halle  (1866) de kas tau kalo daun ini depu nama ilmiah itu Seutellaria prima. Selain itu buku ini kas tau beberapa nama seperti daun manku, daun coyn s, aylohoy, aylum niwel dari beberapa bahasa. 

Daun ini skarang banyak orang kenal dengan nama daun mangkokan. Banyak orang dong su jual-jual daun ini di Internet karena daun ini depu manfaat banyak.  

Ternyata daun itu depunya kandungan alkaloid, saponin, flavonoid, polifenol, lemak, kalsium, fosfor, dan besi. Daun ini banyak orang tanam sebagai bunga untuk hiasi halaman rumah. Daun ini rupanya dong su banyak teliti akan, dan bukan cuma untuk kas sembuh penyakit gonore, tapi daun ini juga bisa kas lancar ASI (air susu ibu), untuk obati payudara, rambut rontok, trus kalo tong kincing susah  daun ini bisa bantu. Ini termasuk untuk kas sembuh luka juga.  

daun mangkokan
Gambar Google 

Tapi herannya pada masa lalu dong sebut daun ini "papeda papua" entah kenapa sampe dong bisa sebut akan begitu. Mungkin dulu orang-orang pake isi Papeda kah? Karena memang bentuk daun ini seperti mangkok. Betapa khasiatnya daun ini sampe pace John Ellis tulis akan dalam depu buku. Ini bisa jadi petunjuk untuk torang bahwa pada masa lalu daun Mangkokan ini sudah jadi obat herbal yang orang-orang tua  jaman dulu pake untuk obati dong punya penyakit. 

Post a Comment for "DAUN PAPEDA PAPUA DALAM DESKRIPSI PACE JOHN ELLIS"