"Macassar Oil" Minyak Rambut Terkenal di Eropa pada Masa Lalu - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

"Macassar Oil" Minyak Rambut Terkenal di Eropa pada Masa Lalu


minyak makassar
sumber: Ron Rowland

MINYAK RAMBUT ROWLAND'S MACASSAR OIL 

Pernahkah Anda mendengar tentang minyak rambut terkenal yang begitu populer di kalangan orang-orang Eropa sepanjang tahun 1800 hingga awal 1900-an? Ya, itu adalah "Macassar Oil". Minyak rambut ini menjadi incaran pria-prai Eropa maupun wanita-wanita Eropa demi menata mode rambut mereka agar tetap menarik dan mempesona. Saking terkenalnya Minyak Makasar ini, bahkan dilukis diberbagai media periklanan pada waktu itu untuk menarik minat orang-orang. 

Perhatikan gambar karikatur dibawah ini, gambarnya lucu tapi menarik. Seseorang sedang menuangkan minyak makassar pada seorang pria botak, yang berharap rambutnya bisa tumbuh. Dibelakang pria gundul itu, tampak seorang wanita melihat penataan rambutnya di cermin, mungkin ia terkesan melihat penampilannya setelah menggunakan minyak makassar. 

minyak makassar

Lukisan di atas di buat pada tahun 1814 tentang Minyak Makassar  yang merupakan salah satu karya Thomas Rowlandson, dimana lukisan ini memperlihatkan bahwa minyak Makassar dapat merangsang pertumbuhan rambut pada seorang pria botak. Iklan ini dibuat untuk menarik orang-orang untuk menggunakan minyak rambut ini. Iklan ini tampaknya berhasil membuat terkesan banyak orang untuk menggunakan produk ini. 

SIAPA SOSOK DI BALIK TERKENALNYA  "MACASSAR OIL"?

Macassar oil mulai terkenal berkat seorang tukang cukur ternama di London, Inggris. Dia adalah Alexander Rowland (1747-1823). Tukang cukur terkenal ini, mulai menawarkan produk ini sekitar tahun 1793. Dan tentu, berkat kerja kerasnya, minyak "Macassar Oil" begitu populer dan menjadi produk pertama yang diiklankan secara luas pada masa itu. 

Macassar oil terdaftar sebagai merek dagang A. Rowland & Sons pada tahun 1888. Nah, mungkin yang membuat penasaran kita adalah mengapa dinamakan macassar oil? Makassar identik dengan suku Makkasar di pulau Sulawesi. Suku ini sangat terkenal di masa lalu, sebagai para pelaut yang tangguh, menguasai ilmu perkapalan tradisional, ilmu bintang dan kerap sering berdagang di berbagai perairan nusantara bahkan di luar nusantara di tempat-tempat yang jauh. 

KENAPA PRODUK INI DINAMAKAN  "MACASSAR OIL"?

Minyak Makassar atau maccasar oil, dinamakan karena bahan dasar pembuatan minyak rambut ini dibeli melalui pelabuhan Makassar. Rowland memiliki mitra di Sulawesi yang selalu akan menyediakan bahan dasar pembuatan minyak ini, kemungkinan mitranya dengan orang-orang Makassar yang selalu menyediakan kebutuhan dasarnya. Begitu terkenalnya minyak Makassar, dalam banyak puisi dan syair-syair para penyair Eropa menggunakan istilah ini dalam karya-karya mereka. Sebutnya saja syair yang dibuat oleh Lewis Carrol, Don Juan, dan para penyair lainnya. 

Macassar oil meninggalkan jejak sebuah nama bukan karena produk minyak rambutnya. Namun, meninggalkan jejak sejarah di masa lampau bahwa nama "Makassar" adalah nama yang sangat terkenal di masa-masa lampau, baik penduduknya, pulaunya bahkan hasil bumi Sulawesi yang kaya akan rempah-rempah. 

Post a Comment for ""Macassar Oil" Minyak Rambut Terkenal di Eropa pada Masa Lalu "