MENUAI MANFAAT DARI TANAMAN PISANG - Manfasramdi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENUAI MANFAAT DARI TANAMAN PISANG

 

Photo by Priyanka Trambadia 

TUMBUHAN MENAKJUBKAN

PISANG merupakan tumbuhan bersejarah umat manusia di masa lampau yang masih menjadi kebutuhan semua orang. Sangat menakjubkan pohon satu ini, tidak harus tumbuh di daerah bersalju, tidak harus di padang pasir yang luas. Dimana saja, entah apa yang terjadi, pohon ini tetap bertumpuh sesuka hatinya. Itulah pohon yang sungguh luar biasa. Pisang juga terdiri dari berbagai jenis, ukuran, dan rasa. Di Papua, misalnya ada pohon pisang raksasa yang kulit pohonnya digunakan sebagai pakaian tradisional di masa lalu. 

Dalam berbagai moment, baik acara kawinan, keluarga maupun acara keagamaan, pisang merupakan buah yang disuguhkan untuk menjadi bagian penting dalam sajian berbagai acara. Di berbagai negara maju misalnya buah pisang menjadi bisnis menguntungkan dikarenakan berbagai manfaatnya di dalamnya. Bahkan di negara-negara yang mengalami kesulitan ekenomi pisang menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meskipun pisang memiliki banyak manfaat, namun kadang kita memandannya tidak berharga, mungkin kita merusaknya, memotongnya, bahkan tidak di anggap penting. Kalau kita tahu fungsi pisang kita akan menyadari bahwa tumbuhan ini sang Pencipta menyediakannya cuma-cuma untuk memelihara kita. 

BAGIAN-BAGIAN POHON PISANG DALAM BAHASA DAERAH

Tumbuhan pohon pisang, karena sudah sejak lama di kenal masyarakat Nusantara (Indonesia), sehingga setiap daerah memiliki nama khasnya sendiri untuk menyebut bagian-bagian pada pohon pisang. Secara umum dalam bahasa Indonesia, pohon pisang terdiri dari beberapa bagian seperti daun, bunga (jantung pisang), buah, pelepah daun, akar dan rimpang. Di Papua, orang Biak-Numfor juga mengenal pohon pisang dengan sebutan bahasa lokal suku Biak, bahasa Biak menyebut pisang dengan nama imbyef, mnef, akar pisang: mnef rares, tunas/bibit pisang:poi, daun pisang:mnef ram, jantung pisang: mnef wof, batang pisang: mnef baken/knam, sisir pisang: esen dan sebagainya. 

Orang Biak Numfor juga mengenal salah satu jenis pisang yang bisa digunakan dalam membuat pakaian yang biasa disebut kibuy atau yang kini dikenal Pisang Raksasa Musa Ingens. Jenis pisang ini konon banyak terdapat di pulau Yapen dan tanah besar Papua seperti Manokwari, Fakfak, dan beberapa wilayah Papua. Pelaut-pelaut Biak melakukan pelayarannya untuk mendapatkan kulit pohon pisang tersebut.   

Dalam kamus bahasa Numfor-Belanda (1947), menguraikan tentang jenis-jenis pisang dalam bahasa Biak Numfor: Adaryos, Ampakrik (Ropapref), Andor-andor (Andowari),  Andor arimian, Angaroker, Apa-apa (Apa amber: pisang mas), Asmes (Apa Ames), Bainami, Byef surup, Ibu, Karampin, Kawyan, Mambuf: pisang Ambon atau pisang meja, Mangow, Manimbu, Mantarayer, Mawa-mawa, Painam, Ropia, Sengau, Tambap, Wareben, Wasyanti, dan Wedaki.  Ilustrasi gambar di bawah ini, memperlihatkan bagian-bagian umum nama dalam bahasa Biak (Papua). 


bagian-bagian pisang

Sekarang tanpa basa basi mari kita lihat beberapa fakta manfaat pohon pisang mulai dari akar sampai daunnya. Mungkin selama ini Anda tidak terlalu memahami keuntungan pisang. Nah, mari kita lihat satu persatu kehebatan dan keunggulan tanaman yang luar biasa ini: 

AKAR PISANG

Kita mungkin berpikir bahwa apa gunanya akar pisang itu, fakta membutikan bahwa rupanya akar pohon pisang memiliki fungsi yang sangat banyak. Selain bermanfaat sebagai penahan berdirinya pohon pisang agar tetap berdiri kokoh, akar pisang juga memberikan manfaat bagi pertumbangan pohon itu sendiri. Dan menariknya, akarnya juga memiliki nutrisi yang bisa digunakan dalam pengobatan herbal.  

BATANG PISANG

Selain fungsi akar yang menakjubkan, batang pisang juga memiliki banyak keunggulan yang sangat bermanfaat bagi manusia dan alam sekitarnya. Dalam kehidupan sehari-hari, batang pisang bisa digunakan sebagai pupuk, bisa digunakan juga sebagia pot tanaman, di pakai untuk tunggu api. Dan di dalam batang pisang itu sendiri bisa dijadikan sayur. Sayur batang pisang sangat lesat jika dicampur dengan daging ayam atau daging bebek. 

Di Filipina, batang pisang di buat untuk membuat tekstil dan itu di produksi dalam jumlah yang besar, dan digunakan sebagai benang dan pakaian. Di Papua, khususnya suku Biak misalnya menggunakan sejenis pohon pisang raksasa untuk dijadikan cidako (celana tradisional) dalam bahasa Biak disebut "Kibui". 

Bahkan anehnya dalam kasus-kasus tertentu batang pisang bahkan digunakan sebagai pelampiasan kekesalan, kemaran, dan emosi. Ada yang sangat kesal sampai-sampai pohong pisang jadi sasaran. Biasanya mereka meninju batang pisang, dan seperti kita tahu batang pisang bukanlah jenis pohon yang keras namun batangnya lembek. Jadi orang bebas mengekspresikan kekesalan mereka pada batang pisang. Padahal pohon pisang tidak salah. Aneh tapi nyata. Nah, di India dan Filipina serat batang pisang pun di olah dan dipilin menjadi benang yang nantinya bisa digunakan dalam industri tekstil.  

JANTUNG PISANG

Buah atau jatung pisang memiliki manfaat lain bisa sebagai hidangan di rumah dijadikan sayur yang dimasak dengan berbagai fariasi. Bisa tumis, disantan, di campur dengan ikan asar dan bisa menjadi santapan keluarga. Tidak saja itu, jantung pisang pun banyak dijual di pasaran. 

BUAH PISANG

Buah pisang merupakan inti dari tumbuhan pisang itu sendiri. Siapakah yang tidak kenal buahnya? Jika menghitung manfaat buahnya saja, itu sangat banyak. Buah pisang yang sudah masak bisa langsung di makan. Bisa di goreng tepung, kue molen, di bikin keripik, di bikin pisang kipas keju, di fermentasi menjadi minuman yang memabukan, dan masih banyak lagi kegunaannya. Dan sampai saat ini, buah bisa masih menjadi kesukaan orang-orang, tentu Anda sendiripun suku. 

Buah pisang ini tidak saja di konsumsi manusia, tetapi bahkan binatang, burung pun mendapatkan makanan dari buah pisang. Sungguh buah yang lesat dan menawan. Di beberapa tempat, buah pisang menjadi pengganti nasi. Di lahap dengan ikan bakar, goreng, rebus di buat kolak. Oh..alangkah nikmatnya buah pisang.  Tidak saja lezat, melainkan buah pisang juga kaya akan vitamin, serta dan mineral yang tentu membawah kebaik pada kesehatan kita.  

DAUN PISANG

Daun pisang tidak kalah penting dari bagian-bagian lainnya. Pernahkah Anda menggunakan daun pisang sebagai pengganti payung di waktu hujan? Itulah yang di alami banyak anak-anak yang tidak memiliki payung sewaktu hendak pergi ke sekolah. Daun pisang juga bisa digunakan untuk membuat kue, sebagai pengalas makanan, memasak nasi, dan daun keringnya pun biasa digunakan untuk membuat api, untuk menjadi pupuk tanaman, serta memiliki nilai ekonomis lainya.  Banyak pedagang, masing sering menjual daun pisang. Daun bisa memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia.  

PENUTUP

Setelah membaca dan memikirkan manfaat luar biasa dari tanaman ini. Anda pasti akan bersyukur kepada sang Pencipta karena telah menyediakan pohon yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan binatang. Kalau Anda punya lahan yang cukup luas, coba pikirkan untuk menanam pohon pisang. Siapa tahu, di masa depan anda akan mendapatkan hasil dari kerja keras Anda. Memang benar, tanaman ini bukan kaleng-kaleng.

Post a Comment for "MENUAI MANFAAT DARI TANAMAN PISANG "